Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
TEMPO.CO, Jakarta - Terlalu banyak waktu yang dihabiskan di depan layar gadget atau ponsel bisa berdampak negatif terhadap diri. Sejenak tanpa memegang ponsel, kemudian merasa cemas ingin segera mengambil lagi berkemungkinan menandakan nomophobia (no mobile phone phobia) atau nomofobia. Kondisi itu ditandai ketika seseorang merasa kebingungan jika tak mengutak-atik ponsel.
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
Kebiasaan bermain gadget bisa menimbulkan risiko buruk. Itu sebabnya, penting untuk membatasi diri agar tak terlalu lama menghabiskan waktu di depan layar gadget.
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
1. Menetapkan Batas Waktu
Salah satu cara paling sederhana untuk membatasi waktu bermain gadget dengan menetapkan batasan yang jelas. Dikutip dari Kids Theraphy Club, berikut rekomendasi untuk membatasi waktu bermain gadget:
- Usia 0-2 tahun tidak direkomendasikan bermain gadget
- Usia 2-3 tahun dibatasi hingga satu jam
- Usia 6-17 tahun dibatasi hingga dua jam
2. Ganti dengan Aktivitas
Sebaiknya melaluklan hobi atau aktivitas bermanfaat untuk menggantikan waktu yang biasanya dihabiskan untuk bermain gadget. Bisa berupa olahraga, berkesenian, memasak, atau belajar hal baru. Dikutip dari World Vision, aktivitas seperti itu tidak hanya akan mengalihkan perhatian dari bermain di ponsel. Dengan cara ini pula, orang tak hanya mengurangi waktu bermain gadget tetapi juga menambah keterampilan baru.
3. Zona Tanpa Gadget
Di area rumah, seperti ruang makan atau kamar tidur, sebagai zona tanpa gadget. Hal ini mendorong interaksi lebih nyata dengan anggota keluarga atau teman dan membantu mengurangi kecanduan perangkat elektronik.
4. Jadwal Harian
Buat jadwal harian yang mencakup waktu untuk beraktivitas lain, seperti olahraga, membaca, atau berkumpul dengan keluarga. Dengan memiliki rencana yang terstruktur, maka akan membantu mengalihkan perhatian dari gadget dan menghindari penggunaan berlebihan.
5. Penggunaan Gadget Dimaknai sebagai Reward
Dikutip dari Children Central, bermain gadget sebagai reward atau semacam penghargaan setelah menyelesaikan tantangan dan aktivitas tertentu. Hal ini dapat mengendalikan waktu dan diri untuk mendorong melakukan aktivitas bermanfaat dan menyehatkan lainnya.
EMRI WIDYANTARI | CHILDREN CENTRAL | WORLD VISION
Pilihan Editor: Mengenal Kaum Rebahan yang Betah Main Gadget di dalam Rumah