Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Digital

Threads Bakal Uji Coba Fitur Iklan, Merek dari AS dan Jepang jadi Pajangan Perdana

Penayangan iklan Threads dalam waktu dekat masih bersifat uji coba mini. Media sosial yang mirip X ini ingin membuat iklan yang tampak organik.

26 Januari 2025 | 16.22 WIB

Image of Tempo
Perbesar
Logo Threads, aplikasi perpesanan baru dari Facebook pesaing WhatsApp dan Snapchat. Kredit: Alex Castro/The Verge

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

TEMPO.CO, Jakarta - Chief Executive Officer (CEO) Instagram Adam Mosseri menyatakan Threads akan menyediakan penayangan iklan. Namun layanan itu masih akan diuji dulu. Perusahaan bakal menampilkan beberapa merek di kawasan Amerika Serikat dan Jepang dan menggalang masukan dari publik.

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

“Kami memastikan iklan tersebut terasa seperti unggahan Threads yang menurut anda relevan dan menarik,” kata Mosseri dalam unggahan di akun Threads resminya pada Sabtu, 25 Januari 2025.

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Menurut Mosseri, Threads akan memantau pengujian ini sebelum memperluas jangkauan pelayanannya. Iklan yang akan ditampilkan dibuat menarik layaknya konten organik.

Kabar soal layanan iklan Threads pertama kali bergaung pada November 2024. Meta, perusahaan induk Instagram dan Threads, sempat dikabarkan menggandeng beberapa pengiklan untuk merancang dan menguji layanan ini.

Perusahaan tertarik untuk melebarkan layanan terkait iklan sejak beberapa waktu lalu. Pendapatan iklan di platform Meta pada kuartal terakhir 2024 mencapai US$ 39,8 miliar. Nilai itu menyumbang 97 persen dari total pendapatan perusahaan.

Bila dikembangkan lebih lanjut, Mosseri meneruskan, layanan reklame ini bakal menjangkau lebih dari 300 juta pengguna Threads. Media sosial yang cara kerjanya mirip X ini menempati posisi ketiga dalam daftar aplikasi media sosial gratis di App Store. Threads juga menempati posisi 40 di Google Play.

Layanan iklan ini diumumkan oleh manajemen Threads tak lama usai peluncuran fitur penjadwalan unggahan. Layanan pengatur jam tayang konten itu juga masih dikembangkan secara terbatas di beberapa negara, sebelum diperluas ke depannya.

M. Faiz Zaki

M. Faiz Zaki

Menjadi wartawan di Tempo sejak 2022. Lulus dari Program Studi Antropologi Universitas Airlangga Surabaya. Biasa meliput isu hukum dan kriminal.

Image of Tempo

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Image of Tempo
Logo Tempo
Unduh aplikasi Tempo
download tempo from appstoredownload tempo from playstore
Ikuti Media Sosial Kami
© 2024 Tempo - Hak Cipta Dilindungi Hukum
Beranda Harian Mingguan Tempo Plus