Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
TEMPO.CO, Jakarta - Catur adalah salah satu permainan papan yang populer. Mengutip Britannica.com, bermain catur akan berakhir saat seorang pemain menempatkan raja lawannya pada posisi skakmat. Catur juga dapat dimenangkan atau mengalami kekalahan melalui konsensi. Salah satu permainan papan tertua ini juga bisa berakhir dengan seri karena kebuntuan, persetujuan bersama, tidak memungkinkan mencapai skakmat, atau dengan cara lainnya.
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
Merujuk laman uschess.org, catur dimainkan menggunakan papan berukuran 8 x 8, dengan putih bergerak lebih dahulu. Dalam catur setiap kotaknya mempunyai nama. Ketika menyiapkan papan, sebaiknya Anda mengingat hal-hal berikut ini:
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
1. Pastikan sudut kanan papan catur berada di kotak putih. Banyak yang melakukan kesalahan ini, termasuk film, acara tv, bahkan pameran seni dengan perangkat catur.
2. Posisikan ratu sesuai dengan warnanya. Apabila Anda putih maka ratu harus ditempatkan di kotak putih. Begitu juga jika Anda hitam, ratu harus berada di kotak hitam.
3. Huruf di bagian bawah (ah) papan sesuai dengan file. Adapun angka di sisi papan mengacu pada peringkat satu sampai delapan.
Melansir dari chess.com, memperlajari permainan catur dapat dimulai dengan bidak. Bidak catur merupakan apa yang Anda gerakkan di atas papan catur ketika bermain. Ini akan menjelaskan di mana bidak ditempatkan saat permainan dimulai dan bagaimana bidak bergerak.
Terdapat enam jenis bidak catur, yang setiap sisinya dimulai dengan 16 bidak. Mereka adalah delapan pion, dua uskup, dua ksatria, dua benteng, satu ratu dan satu raja.
1. Pion
Pion merupakan bidak yang paling tidak kuat dan hanya memiliki nilai satu poin. Masing-masing pemain memulai dengan delapan pion ketika permainan dimainkan. Pion putih ada di posisi kedua, sementara pion hitam berada di peringkat ketujuh. Langkah pertama pion dapat dimulai dengan bergerak maju satu atau dua kotak. Setelahnya pion hanya bisa bergerak maju satu kotak untuk satu waktu. Itu dapat menyerang atau menangkap setiap kotak secara diagonal ke arah kiri atau kanan.
2. Uskup
Uskup dianggap sebagai bidak kecil dengan nilai tiga poin. Setiap sisi dimulai dengan satu uskup di kotak putih dan satu uskup di kotak hitam. Ketika permainan dimulai, uskup putih berada di c1 dan f1 sementara uskup hitam terletak di c8 dan f8. Selama tidak terhalang bidaknya sendiri atau kotak sedang ditempati, uskup bisa bergerak secara diagonal sebanyak kotak yang diinginkan. Cara mudah mengingat uskup bisa bergerak ialah seperti bentuk X. Dengan memindahkan uskup ke kotak yang ditempati bidak musuh, itu bisa membuat bidak musuh tertangkap.
3. Ksatria
Ksatria dinilai sebagai bidak kecil yang bernilai tiga poin, sama seperti uskup. Setiap sisi dimulai dengan dua ksatria, satu ksatria raja dan satu ksatria ratu. Ketika memulai permainan, ksatria putih terletak di b1 dan g1 sedangkan ksatria hitam berada di b8 dan g8. Bidak ini merupakan satu-satunya bidak dalam catur yang bisa melompati bidak lain. Ksatria secara horizontal dapat bergerak satu kotak ke arah kiri atau kanan, lalu secara vertikal kotak bisa bergerak ke atas atau bawah. Dengan kata ksatria dapat bergerak dalam bentuk L. Ksatria tidak bisa menangkap apa yang dilompatinya, hanya dapat menangkap apa yang didaratkannya.
4. Benteng
Benteng dianggap sebagai bidak utama yang memiliki nilai lima poin. Masing-masing sisi dimulai dengan dua benteng yang diletakkan di sudut papan, satu pada bagian ratu dan satu lagi di sisi raja. Permainan dimulai dengan benteng putih berada di a1 dan h1, sementara benteng hitam terletak di a8 dan h8. Secara horizontal, benteng bisa dipindahkan sebanyak yang diinginkan ke kiri atau kanan. Secara vertikal, benteng dapat bergerak sebanyak yang diinginkan ke atas atau bawah. Ini bisa dilakukan selama tidak terhalang bidak lain. Cara mudah mengingat benteng dapat bergerak ialah tanda +.
5. Ratu
Ratu merupakan bidak catur terkuat yang dinilai sebagai bidak utama dengan nilai sembilan poin. Ketika permainan dimulai, setiap sisi dimulai dengan satu ratu. Ratu putih diletakkan di d1 sementara ratu hitam di d8. Ratu secara horizontal bisa dipindahkan sebanyak yang diinginkan ke kiri atau kanan, bisa juga ke atas atau bawah secara vertikal sebanyak kotak yang diinginkan seperti benteng. Ratu juga bisa dipindahkan ke kotak secara diagonal sebanyak yang diinginkan layaknya uskup. Cara mudah mengingat ratu dapat bergerak ialah gabungan antara benteng dan uskup.
6. Raja
Raja adalah bidak terpenting, sebab permainan catur bertujuan untuk menskakmat raja. Setiap sisi hanya mempunyai satu raja, raja putih berada di e1 dan raja hitam terletak di e8. Raja hanya bisa bergerak satu kotak ke segala arah, ini yang membuat raja bukan merupakan bidak yang kuat. Ingat bahwa raja tidak bisa ditangkap, hanya disebut memeriksa saat raja diserang.
Pilihan Editor: Berita Catur: Indonesia Raih Event of the Yera 2022 di Asian Chess Summit 2023 Abu Dhabi
Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.