Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Angka

Mereka di Balik Flash Game

26 Agustus 2013 | 00.00 WIB

Image of Tempo
Perbesar

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

JARINGAN komputer serta telepon pintar, terutama yang berbasis iOS dan Android, menyuburkan "genre" permainan ini. Permainan ini disebut flash game karena membutuhkan perangkat flash player untuk mengoperasikannya. Seiring dengan tumbuhnya minat pengguna komputer dan telepon pintar pada permainan ini, komunitas pembuat game jenis ini, atau sering disebut developer, pun terus tumbuh. Tapi hanya sedikit yang profesional. Sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa yang sekadar ingin menunaikan hobi sambil mencari uang.

Di mana pembuat flash game tinggal

  • 19,7% pembuat flash game tinggal di Amerika Serikat
  • 8% di Inggris
  • 6,3% Rusia
  • 6,2% Cina
  • 4% Ukraina
  • 4% Kanada
  • 3,5% India
  • 3,1% Brasil
  • 2,8% Polandia
  • 2,1% Indonesia

    83% pembuat flash game membuat game untuk telepon pintar.

    80% pembuat flash game menjadikan iOS dan Android sebagai target.

    55% developer khusus membuat game untuk telepon pintar.

    Lebih dari 50% pembuat game paruh waktu adalah pelajar dan mahasiswa.

    20% pengembang flash game bekerja penuh waktu.

    19% angka penjualan flash game naik pada 2012 dari tahun sebelumnya.

    1-3 bulan waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah flash game.

    30% mendapat pemasukan dari iklan di website.

    53% memperoleh US$ 0-500 per bulan.

    55% developer mendapat keuntungan dari memasang iklan dalam game-nya.

    1,7 miliar unduhan untuk semua platform, Angry Birds, yang diluncurkan pada 2009, merupakan salah satu flash game paling populer.

    Saat ini ada sekitar 60.000 website yang menawarkan sekitar 90.000 flash game setiap bulan.

    US$ 8 miliar pendapatan dari industri game setiap tahun dan terus tumbuh.

    Sejarah Game

    1970
    Video game mulai berkembang, ketika itu yang paling terkenal adalah PacMan.

    1980-an
    Muncul NES, perintis game konsol. Salah satu permainannya yang amat dikenal adalah Mario.

    1990-2000-an
    Mulai muncul game konsol, seperti PlayStation, Nintendo, dan Xbox.

    1996
    Macromedia flash, yang belakangan berubah menjadi flash player, diperkenalkan. Flash game mulai muncul di website.

    2001
    Flash game mulai menjadi idola online game berbasis web.

    2007
    iPhone diperkenalkan, popularitas flash game meningkat dan terus meningkat manakala Google meluncurkan Android.

    Sumber: Newblog, Articlesbase.com, Mochi Media, Wikipedia

  • Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

    Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

    Image of Tempo
    Image of Tempo
    Berlangganan Tempo+ untuk membaca cerita lengkapnyaSudah Berlangganan? Masuk di sini
    • Akses edisi mingguan dari Tahun 1971
    • Akses penuh seluruh artikel Tempo+
    • Baca dengan lebih sedikit gangguan iklan
    • Fitur baca cepat di edisi Mingguan
    • Anda Mendukung Independensi Jurnalisme Tempo
    Lihat Benefit Lainnya

    Image of Tempo

    Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

    Image of Tempo
    >
    Logo Tempo
    Unduh aplikasi Tempo
    download tempo from appstoredownload tempo from playstore
    Ikuti Media Sosial Kami
    © 2024 Tempo - Hak Cipta Dilindungi Hukum
    Beranda Harian Mingguan Tempo Plus