Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Kartun

Dari bushnell, untuk tua muda

Permainan video komputer yang diciptakan oleh nolan bushnell, membawa unsur ketrampilan dan pengasah otak. demam permainan ini telah melanda jakarta pula.

7 November 1981 | 00.00 WIB

Image of Tempo
Perbesar

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

PERTAMA, terdengar suara seperti degup jantung yang karena dibunyikan secara stereo, suasana mencekam timbul. Pesawat antariksa yang berbentuk anak panah itu memasuki angkasa luar yang penuh dengan batu-batu bulat yang disebut batu asteroids. Antariksawan harus lihai mengemudikan pesawatnya. Sebab kalau saja pesawatnya tersenggol batu asteroids, pesawat bisa pecah berkeping-keping. Karena itu, batu asteroids harus dihancurkan dengan roket-roket. Bahaya bukan hanya datang dari batu-batu asteroids. Pesawat musuh yang berbentuk piring terbang harus digasak pula. Itulah kesibukan Natalia, 21 tahun asyik sekali memainkan asteroids. Tubuhnya bergoyang ke kanan dan ke kiri. Matanya terpaku di layar tv. Jari tangannya sibuk menekan tombol. Dan sesekali dari mulutnya yang mungil terdengar pekik gembira atau kecewa. Begitu asyiknya Natalia menggeluti asteroids-nya, sehingga dia tidak memperhatikan keadaan sekeliling. Dan waktu sudah berlalu entah satu jam, dua jam, tiga jam, . . . Natalia tetap saja asyik. Nolan Bushnell Permainan yang memakai sistem video komputer mulai melanda beberapa rumahtangga. Meskipun hanya terbatas bagi mereka yang tergolong keluarga mampu. Tetapi dengan diadakannya pameran permainan video komputer di Glodok Plaza akhir Oktober, demam permainan super modern ini semakin meluas. Deretan pesawat tv yang dipajang setengah melingkar. Tiap pesawat mengeluarkan warna suara masing-masing, dilatarbelakangi suara musik disko, membuat suara cukup semrawut. Ditambah lagi dengan kerumunan penonton, suasana makin hiruk-pikuk. Sebagian besar pengagum permainan modern ini adalah anak-anak sekolah. Pulang sekolah, dengan seragam mereka yang masih melekat di badan, mereka langsung mengutak-utik tombol yang nganggur. Untuk kemudian, mereka tenggelam dalam keasyikan -- tidak ingat perut kosong pe-er yang belum dikerjakan, apalagi mengganti baju seragam. Di Amerika Serikat, permainan video yang memakai sistem komputer sudah merajai semua jenis permainan. Penelitian yang dilakukan Atari--yang memproduksi video kaset ini--menyatakan bahwa tahun lalu, 86% penduduk AS yang berusia 13-20 tahun, pernah tergila-gila permainan itu. Diperkirakan sebanyak US$ 2,5 milyar uang mereka cuma dipergunakan untuk membeli alat tersebut. Permainan mutakhir itu diciptakan seorang mahasiswa dari Universitar Utah yang bernama Nolan Bushnell. Semula dia cuma main-main dalam laboratorium sekolahnya. Dengan sebuah komputer, Bushnell iseng-iseng mempertarungkan beberapa gambar yang muncul di layar tv yang kemudian diberi nama spacewar perang angkasa. Pada musim panas dan liburan Bushnell sering menghabiskan waktunya di tempat-tempat hiburan pinball. Ciptaan pertamanya ialah Computer Space--yang cuma terdiri dari sebuah piring terbang dan sebuah kapal roket saling serang-menyerang. Bushnell cuma membuat barang tersebut 2000 buah saja di tahun 1972. Tapi laku keras. Kemudian dia mencipta permainan yang kedua: Pong. Kalau yang pertama diciptakannya di kamar anaknya yang terpaksa mengungsi ke kamar lain, Pong digarapnya di garasi. Bushnell dan timnya kemudian berhasil menciptakan berbagai macam permainan video komputer. Tentu saja Bushnell kini jutawan. Seorang sosiolog berpendapat bahwa permainan ini mengajar pemainnya untuk berpikir secara spatial dengan perhitungan geometris." Dan komputer ini memang lebih bersahabat ketimbang permainan lain-lainnya. Bahkan lebih mengasyikkan dari pada seorang teman: alat tersebut berada di bawah kontrol kita dan tidak akan berbuat curang. Permainan itu membawa unsur ketrampilan dan pengasah otak yang baik. Tentara AS yang sedang dalam pendidikan diwajibkan memainkan alat ini. Permainan yang dipilih adalah Battlezone: bagaimana taktik menggiring musuh ke posisi yang merugikan. Di Indonesia, meski sudah dimainkan di mana-mana, secara resmi permainan itu baru diperkenalkan lewat pameran akhir Oktober lalu. "Permainan yang bisa dimainkan sekeluarga di rumah, kami rasa sangat kurang," kata Hasan Krisno, pegawai bagian promosi perusahaan yang mengimpor permainan tersebut. Hingga kini, Atari telah merampungkan lebih dari 60 jenis permainan, tetapi pameran di Jakarta itu baru menampung 31 jenis saja. "Kami tidak mengimpor yang mempunyai tendensi judi," tambah Krisno. Maze Craze Harga di AS jauh lebih murah. Di sana mereka berucap: "Dengan US$ 19,50 orang sudah bisa membeli sekantung logika." Dan harga di Jakarta? Berlipat ganda. Krisno mengatakan bahwa harga permainan modern ini berkisar antara Rp 150 sampai Rp 160 ribu untuk satu game program atau program permainan dan dua alat kontrol. Kalau mau memiliki game program lainnya, silakan keluar uang lagi sekitar Rp 2540 ribu. Harga memang tergantung banyaknya variasi tiap program permainan. Yang paling sedikit variasinya ialah dalam permainan Adventure, 3 variasi, dan yang terbanyak adalah Maze Craze yang mempunyai 265 variasi. Yang deras laku di sini adalah permainan dengan actions seperti Spacelnvander, Asteroids, Missile Command. Pokoknya, segala sesuatu yang menyangkut perang--baik perang di dunia dengan senjata yang termodern, maupun perang di angkasa luar. Meskipun harganya mencekik kantung, kabarnya toko-toko di seluruh Indonesia bisa menghabiskan 3.000 buah permainan komputer ini setiap bulannya. Konon, pesawat tv yang menampung permainan ini akan cepat rusak. Sebab kabel-kabel dalam tv biasa, tidak cukup kuat untuk menahan getaran-getaran dari video computer system ini.

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Image of Tempo
Image of Tempo
Berlangganan Tempo+ untuk membaca cerita lengkapnyaSudah Berlangganan? Masuk di sini
  • Akses edisi mingguan dari Tahun 1971
  • Akses penuh seluruh artikel Tempo+
  • Baca dengan lebih sedikit gangguan iklan
  • Fitur baca cepat di edisi Mingguan
  • Anda Mendukung Independensi Jurnalisme Tempo
Lihat Benefit Lainnya

Image of Tempo

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Image of Tempo
>
Logo Tempo
Unduh aplikasi Tempo
download tempo from appstoredownload tempo from playstore
Ikuti Media Sosial Kami
© 2024 Tempo - Hak Cipta Dilindungi Hukum
Beranda Harian Mingguan Tempo Plus