Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

prelude

Supaya Kucing Betah di Rumah

9 Juni 2013 | 00.00 WIB

Image of Tempo
Perbesar

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

MENINGGALKAN rumah bukan berarti harus menelantarkan hewan peliharaan. Kini banyak teknologi inovatif buat membantu Anda tetap mengurusnya dari luar rumah. Beberapa produsen menciptakan tempat makan untuk hewan peliharaan yang dikendalikan dari jarak jauh lewat Internet. Kucing, anjing, atau peliharaan Anda yang lain juga bisa memiliki mainan yang membuat mereka tak bosan seharian di rumah.

Gatefeeder

MASALAH yang biasa terjadi bila memiliki kucing lebih dari seekor: kadang ada satu yang mendominasi jatah makan sehingga kucing lain kelaparan. Gatefeeder menawarkan solusi melalui sistem tag RFID untuk memastikan hanya kucing yang memakai tag alias label RFID yang dapat memperoleh akses ke mangkuk makanan. Awalnya Gatefeeder untuk kucing yang menjalani program diet. Seekor kucing yang dikalungi alat ini dapat membuka Gatefeeder dengan melongokkan kepala dan mendorong pintu penutup. Ketika selesai, pintu bawah ditutup dan dikunci. Maka hanya ada satu kucing yang makan dalam satu tempat sekali waktu. Tempat ini dapat menyimpan makanan kucing selama lima hari.

Pintofeed

PERUSAHAAN Pintofeed, yang berbasis di Pasadena, California, Amerika Serikat, menciptakan peranti untuk memberi makan binatang peliharaan. Alat ini didesain agar dapat dikontrol dengan menggunakan iOS atau telepon seluler Android. Ia memberi peringatan mengenai waktu makan binatang kesayangan via pesan pendek, e-mail, Facebook, atau Twitter. Bukan hanya soal waktu makan, jumlah makanan dan porsi yang dikonsumsi pun bisa diatur lewat alat ini. Selain itu, Pintofeed memantau asupan makanan dan gizi. Digerakkan listrik dengan baterai cadangan, perkakas elektronik ini terbuat dari plastik yang kuat dan mampu menyimpan 4,5 kilogram stok makanan kering.

Mainan Kucing

KUCING yang bosan dapat merusak barang-barang di rumah. Solar Powered Cat Tantalizer yang diproduksi Hammacher Schlemmer ini memberikan permainan untuk kucing agar tak bosan selagi ditinggal sendiri. Alat ini berupa tongkat dan tali yang menggantung. Pada bagian tongkat terdapat sel surya, sebagai sumber tenaga. Jika bagian ini terkena sinar matahari, mainan akan hidup dan otomatis aktif. Tali mainan dengan ujung berupa bulu-bulu dan bola kecil akan segera bergerak berayun, yang bisa dikejar-kejar kucing.

Judd Treat Machine

ALAT ini membantu Anda memberi makan hewan peliharaan dari mana saja asalkan terkoneksi dengan Internet. Judd Treat Machine bekerja ketika menerima e-mail—dinamakan demikian karena mula-mula perangkat ini diujicobakan kepada seekor anjing bernama Judd. Saat e-mail masuk, penutup makanan pada mesin akan bergeser dan melemparkan makanan kering ke lantai. Ini sebuah proyek terbuka yang boleh ditiru siapa pun asalkan memiliki keahlian di bidang desain dengan komputer atau CAD, fabrikasi, powder coating, Raspberry Pi, elektronika, dan pemrograman. Cara membuat mesin ini dapat diakses di situs NYC CNC Machining & Prototype Shop.

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Image of Tempo
Image of Tempo
Berlangganan Tempo+ untuk membaca cerita lengkapnyaSudah Berlangganan? Masuk di sini
  • Akses edisi mingguan dari Tahun 1971
  • Akses penuh seluruh artikel Tempo+
  • Baca dengan lebih sedikit gangguan iklan
  • Fitur baca cepat di edisi Mingguan
  • Anda Mendukung Independensi Jurnalisme Tempo
Lihat Benefit Lainnya

Image of Tempo

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Image of Tempo
Logo Tempo
Unduh aplikasi Tempo
download tempo from appstoredownload tempo from playstore
Ikuti Media Sosial Kami
© 2024 Tempo - Hak Cipta Dilindungi Hukum
Beranda Harian Mingguan Tempo Plus