Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Arsip

Dua Film Ini Bisa Mempengaruhi Gaya Berkendara Negatif Remaja

Sebanyak 40 persen dari mereka mengatakan bahwa video game membuat gaya berkendara buruk terlihat keren.

26 Maret 2019 | 07.40 WIB

Image of Tempo
Perbesar
Aksi peran Paul Walker atau yang dikenal sebagai Brian O'Conner saat memerankan perannya dalam film 2 Fast 2 Furious pada tahun 2003. Di sini O'Conner menyamar sebagai pembalap jalanan untuk mengungkap mafia narkoba besar bersama temannya Roman Pearce. cineplex.com

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah studi baru-baru ini mensurvei 1.000 pengemudi mobil di Inggris berkaitan dampak yang mereka rasakan dari permainan komputer, film, dan acara TV terhadap remaja ketika harus berada di belakang kemudi mobil. Sebanyak 40 persen dari mereka mengatakan bahwa video game membuat gaya berkendara buruk terlihat keren.

Baca: Inilah 10 Mobil yang Paling Laris di Kalangan Milenial

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Sementara itu, lebih dari 1 dari 3 pengemudi merasa bahwa film dan acara TV jarang menunjukkan konsekuensi mengemudi berbahaya, dengan 29 persen setuju bahwa sikap remaja dipengaruhi secara negatif oleh film seperti The Fast and Furious.

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Menurut Young Driver, film tersebut dapat mempengaruhi pengemudi yang lebih berpengalaman, dengan satu dari 10 mengakui bahwa melihat aksi mobil keren membuat mereka berpikir betapa hebatnya bagi mereka untuk benar-benar mencobanya. Persentase itu naik hingga 22 persen jika pengemudi yang baru berusia 18-24 tahun.

Adapun orang tua, ketika ditanya apakah mereka percaya bahwa mengemudi game benar-benar memberikan kesempatan kepada remaja untuk mengemudi secara sembarangan di lingkungan yang aman, hanya satu dari 10 responden yang setuju bahwa itu adalah cara yang baik untuk mengeluarkannya dari sistem mereka.

“Otak remaja masih berkembang dan itu berlanjut hingga usia dua puluhan. Area terakhir yang dikembangkan adalah korteks prefrontal, yang merupakan pusat kendali otak, yang diperlukan untuk tugas-tugas seperti pengendalian diri, pengambilan keputusan, analisis risiko dan mengatakan tidak,” kata pakar remaja Nicola Morgan.

“Jadi, pada usia 17 tahun, remaja umumnya tidak memiliki pusat kendali yang dikembangkan sepenuhnya untuk membantu mereka membuat keputusan yang baik dan mengendalikan dorongan emosional mereka, termasuk pengambilan risiko. Jika mereka memiliki pola pikir yang berani mengambil risiko, mereka mungkin mengorbankan keselamatan; dan bahkan jika mereka tidak bermaksud demikian, mereka mungkin lebih didorong oleh kegembiraan."

Baca: Chevrolet Captiva 2019 Lebih Gagah Mirip Wuling Almaz?

Pakar mobil Quentin Wilson menambahkan: “Kami tidak tahu efek yang dimiliki permainan seperti GTA dan Need for Speed terhadap sikap remaja terhadap keselamatan di jalan hanya karena penelitian belum dilakukan. Tetapi di Young Driver kita melihat setiap hari bahwa jika Anda menangkap anak-anak pra-remaja yang belum terkorosi oleh pemuliaan pengemudian yang buruk dalam film, di TV dan melalui permainan, mereka jauh lebih mudah menerima pesan keselamatan di jalan."

Image of Tempo

Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini

Image of Tempo
>
Logo Tempo
Unduh aplikasi Tempo
download tempo from appstoredownload tempo from playstore
Ikuti Media Sosial Kami
© 2024 Tempo - Hak Cipta Dilindungi Hukum
Beranda Harian Mingguan Tempo Plus