Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
Jane McGonigal, perancang game yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat, memperkirakan 1,5 miliar orang bermain game selama dua jam per hari. Tak mengherankan bila fenomena ini menjadi ceruk bisnis menggiurkan. Pendapatan dari sektor mobile game mencapai Rp 323 triliun per tahun atau seperlima dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia 2015.
Game Termahal
Android (Rp): Deduce Grandmaster Edition 2.200.000, Super Color Runner 2.200.000, Final Fantasy VI 149.000
Apple (Rp): Barcelona vs Madrid 3.500.000, Perfect Penalty 2012 3.500.000 BallAHolic HD 3.500.000
angka Game Terlaris(2014)
Candy Crush Saga US$ 633 RIBU
Clash of Clans US$ 165 RIBU
Farm Heroes Saga US$ 276 RIBU
Kapitalisasi Pasar Mobile Game (US$ Miliar)
tahun 2013 - 2014 - 2015* 2017*
Tablet: 4,8 - 7,6 - 10,0 - 15
Smartphone: 12,7 - 17,4 - 20,3 - 25,83
Total: 12,5 - 25 - 30,3 - 40,8
*Estimasi
Sebaran Penggila Game (2014)
Amerika Utara Jumlah 151 juta orangPendapatan US$ 5,9 miliarn Pertumbuhan pendapatan 51% per tahun
Amerika Latin Jumlah 159 juta orangPendapatan US$ 0,51 miliar Pertumbuhan pendapatan 60% per tahun
Eropa barat Jumlah 157 juta orangPendapatan US$ 3,7 miliar Pertumbuhan pendapatan 47% per tahun
Eropa Timur Jumlah 102 juta orangPendapatan US$ 0,76 miliar Pertumbuhan pendapatan 65% per tahun
Timur Tengah-Afrika Jumlah 189 juta orangPendapatan US$ 0,52 miliar Pertumbuhan pendapatan 83% per tahun
Asia-PasPasPasifik Jumlah 747 juta orangPendapatan US$ 13,5 miliarPer tumbuhan pendapatan 35% per tahun
Negara Penggila Game (US$ Juta)
1 Amerika Serikat 2.048
2 Cina 1.786
3 Jepang 1.221
4 Jerman 352
5 Inggris Raya 342
34 Indonesia 14
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
- Akses edisi mingguan dari Tahun 1971
- Akses penuh seluruh artikel Tempo+
- Baca dengan lebih sedikit gangguan iklan
- Fitur baca cepat di edisi Mingguan
- Anda Mendukung Independensi Jurnalisme Tempo