Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
TEMPO.CO, Jakarta - YouTube dan LinkedIn menyediakan game di platform mereka. YouTube dan LinkedIn ingin meningkatkan daya tarik di antara audiens dengan variasi dalam pengalaman pengguna.
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
1. YouTube
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
YouTube telah menjadi tujuan utama bagi para gamer untuk menyiarkan sesi permainan dan membuat konten tentang game video yang populer. Ekspansi YouTube ke dunia game merupakan langkah alami.
Dikutip dari TechCrunch, platform video milik Google ini secara resmi mengintegrasikan fitur game ke dalam layanannya pada 28 Mei 2024. Ini memberikan akses kepada pengguna lebih dari 75 minigame yang disebut Playables. YouTube Playables menawarkan berbagai judul populer antara lain Angry Birds Showdown, Cut the Rope, Trivia Crack, dan 8 Ball Billiards Classic. Deretan game ini dirancang untuk menjadi hiburan yang mudah diakses, ideal untuk mengisi waktu luang selama perjalanan atau dimainkan di antara sesi menonton video di YouTube.
Meskipun minigame YouTube sebelumnya hanya tersedia untuk pelanggan Premium, kini dapat dimainkan gratis oleh semua pengguna. Fitur ini tersedia di desktop, perangkat Android, dan iOS, tanpa memerlukan unduhan tambahan.
Ruang Game merupakan fitur eksperimental yang saat ini diluncurkan untuk pengguna tertentu di negara atau wilayah yang memenuhi syarat. Beberapa pengguna tidak melihat Ruang Game di YouTube, tetapi masih bisa mengaksesnya melalui link yang dibagikan untuk setiap permainan.
2. LinkedIn
Logo untuk LinkedIn Corporation di Mountain View, California, AS 6 Februari 2013. [REUTERS/Robert Galbraith]
Di YouTube fokus penggunaan game sebagai hiburan, LinkedIn, platform jaringan profesional, juga melihat potensi untuk memperluas daya tariknya dengan memasukkan game.
LinkedIn mengumumkan peluncuran tiga game baru di platform mereka pada 1 Mei 2024. Tiga game yang diluncurkan LinkedIn, yaitu Queens (berkonsep serupa dengan Sudoku), Crossclimb (permainan trivia), dan Pinpoint (mirip dengan permainan Connections dari New York Times).
Setiap game dirancang untuk memfasilitasi koneksi dengan orang-orang dalam jaringan yang bisa dimainkan dengan koneksi derajat pertama, artinya orang-orang yang terhubung langsung dengan pengguna LinkedIn.