Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
TEMPO.CO, Jakarta - Hideo Kojima perancang game Metal Gear mengatakan proses produksi dua proyek terbarunya terpaksa ditunda akibat aksi pemogokan aktor pengisi suara. Laporan IGN pada Sabtu, 4 Januari 2025, dikutip Antara Kojima mengatakan bahwa perusahaan pengembang game Kojima Production terpaksa menunda pencarian aktor serta syuting proyek terbitan Xbox bertajuk OD pada separuh kedua tahun 2024. Ini karena aksi mogok para aktor yang tergabung dalam Screen Actors Guild - American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) sejak Juli 2023.
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
Nasib serupa juga dengan proyek game Physint yang ditunggu-tunggu penggemar karena menandai kembalinya Kojima ke genre aksi spionase yang membesarkan namanya.
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
Baca berita dengan sedikit iklan, klik di sini
Profil Hideo Kojima
Hideo Kojima lahir di Setagaya, pada 24 Agustus 1963. Kojima diambil dari nama dokter yang sering ditemui sang ayah saat bekerja sebagai apoteker. Ketika remaja, ia kehilangan ayahnya, peristiwa yang menjadi momentum perubahan dalam hidupnya. Ia memilih pendidikan jurusan ekonomi. Namun, minatnya terhadap dunia game mulai tumbuh sejak masa kuliah.
Kojima memulai kariernya di industri game secara diam-diam. Ia sempat merahasiakan pekerjaannya sebagai desainer game dengan alasan pekerjaan tersebut kurang dikenal masyarakat saat itu. Kepada orang-orang, ia bilang bekerja di perusahaan finansial.
Salah satu karya yang membuat namanya melejit adalah Metal Gear Solid (1998) untuk PlayStation. Game ini tidak hanya mendapat pujian, tetapi juga menempatkan Kojima sebagai salah satu desainer game berpengaruh di dunia. Kojima juga menulis kolom untuk Rolling Stone membahas hubungan antara film dan video game.
Perjalanan Karier Hideo Kojima
1. 1986
Hideo Kojima memulai karier profesionalnya di Konami. Ia bergabung sebagai pengembang game untuk konsol MSX home computer. Game pertama yang dikerjakan adalah Penguin Adventure. Ia mulai mengembangkan game yang menjadi awal dari seri Metal Gear, dikutip dari The Atlantic.
2. 1988
Kojima merilis beberapa proyek besar, salah satunya adalah Zone of the Enders. Ia juga memperkenalkan Snatcher, game petualangan grafis yang dianggap sebagai pelopor dalam penyajian sinematik. Game ini menjadi inspirasi bagi banyak visual novel yang hadir di era modern.
3. 1994
Kojima kembali menghadirkan game petualangan grafis berjudul Policenauts. Game ini memperkuat reputasinya sebagai desainer yang piawai dalam membuat cerita mendalam dan pengalaman bermain yang imersif.
4. 1998
Tahun ini menjadi salah satu momen paling penting dalam karier Kojima. Ia merilis Metal Gear Solid yang sukses di pasaran dan mengangkat nama Kojima sebagai perancang game terkemuka.
5. 2005
Kojima mendirikan Kojima Productions, studio pengembangan perangkat lunak di bawah kendali Konami.
6. 2011
Kariernya di Konami mencapai puncaknya ketika ia diangkat menjadi wakil presiden Konami Digital Entertainment.
7. 2015
Kojima Productions berpisah dari Konami dan menjadi studio independen.
8. 2019
Studio Kojima Productions merilis game pertama mereka sebagai entitas independen, yakni Death Stranding.
9. 10 November 2019